ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Nokia

Sudah tahu apa itu Smartwacth? jika belum tahu simak dulu ulasannya disini Apa Itu Smartwacth?

Smartwacth pertama di luncurkan pada tahun
1970 oleh Intel dan Microma Universal
Intel co-founder Gordon Moore, circa 1980, wearing his Microma wristwatch.
Intel co-founder Gordon Moore, circa 1980, wearing his Microma wristwatch. Courtesy of Intel
Dikutip dari beberapa sumber sejarahwan Internasional, smartwacth percaya lahir sejak taun 1970 yang di pelopori oleh intel dan Microma Universal. kebayang dijaman itu sudah dirancang dan dikenalkan ke publik.
tapi jangan salah persepsi dulu, kecanggihan smartwacth pada tahun itu belum bisa dibilang sama dengan kecanggihan smartwacth pada tahun sekarang.

karena struktur, type dan fitur masih sangat dasar untuk memadai jenis layar dan kelebihannya.
sebagai perwakilan Chipset raksasa Co-Founder Intel Gordon Moore membeli Saham hingga perusahaan Arloji ternama MICROMA UNIVERSAL, dan saat itu juga mengklaim bahwa mereka perusahaan yang pertama mengeluarkan Produk Smarwacth di dunia, yaitu Arloji pertma yang mengusung tampilan dengan sebuah layar bertype LCD (liquid crystal display). Namun perkembangan Jam pintar saat itu tidak berkembang pesat, hanya sebatas tampilan lebih dinamis dengan jenis layar saja, karena masih terbatas dengan kecanggihan teknologi pada masa itu, sehingga Intel gagal dalam pengembangan Smartwacth rancangan mereka.

1982 Oleh Seiko Epson - D409 Type
Perusahaan jam tangan asal Jepang, Seiko,mengumumkan Pulsar sebagai merk jam yang pertama kali diproduksinya. Ditahun yang sama, Pulsar sendiri mampu menyimpan 24 digit type karakter, dan dianggap pertama kali sebagai jam yang memiliki kemampuan sebagai bank memori. Seiring dengan perkembangan komputer, pada tahun 1983 Seiko kembali menrilis Produksi keduanya dengan seri  D409. Pada seri ini juga, keunggulan yang di usung D409 sudah dapat menampilkan papan ketik pertama yang bisa menyimpan sebanyak 2000 karakter dan ditambah dengan layar dot matrix.

 1999: PDA & Fossil
Fosil Wrist PDA
Fosil Wrist PDA Ilustrasi Google

Di tahun 1999 perkembangan PDA dengan sistem operasi Palm sudah sangat terkenal, bahkan sudah menguasai pasar gadget PDA kalangan pebisnis ketika itu. Dan tahun yang sama juga, insinyur pembuat Palm OS, Donal Brewer berkolaborasi dengan perusahaan arloji Fosil inc untuk merancang sebuah arloji canggih atau biasa kita sebut sekarang Smartwacth dan langsung meluncurkan Wrist PDA Fossil. Sebuah jam tangan pintar dengan OS Palm. Jam Smartwacth ini mampu bersinkronisasi dengan menghubungkan data-data dengan sebuah komputer, dan bekerja layaknya sebuah PDA mini pada masa itu.
namun cukup disayangkan PALM Corp. tidak bertahan lama mempertahankan produksi-produksi perangkat canggih mereka karena beberapa Faktor.

2000: IBM & Citizen
Linux Ibm
Linux Ibm
27 Juni 2000, IBM pertama kali mengenalkan prototipe jam tangan pintar dengan nama Linux Smartwatch. Jam ini sengaja dirancang untuk dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan Komputer, ponsel dan perangkat yang sudah mendukung fitur Bluetooth yang kompatibel dengannya. Jam tangan pintar ini sudah dilengkapi sebuah layar sentuh beserta mikrofon dan speaker kecil di dalamnya. disamping itu, IBM juga menyematkan memori sebesar 8MB dengan OS Linux 2.2, serta sensor accelerometer dan fingerprint.
Yakin produk pertamanya akan laris di pasaran, IBM mencoba menggandeng perusahaan arloji Watch Citizen Co, yang kemudian merilis Watch pad. namun Watch Pad ini berbeda dari generasi pertamanya, Wacth Pad dilengkapi layar QVGA beresolusi 320×240 dengaan os Linux versi yang lebih tinggi 2.4.
Di dalamnya juga dilengkapi dengan aplikasi kalender dengan sistem memori sebesar 8MB, dan ditambah penyematan memori eksternal sebesar 16MB. Jam tangan pintar keluaran IBM ini menjurus pada segmen pelajar dan pengusaha, dengan kisaran harga USD 399. Namun entah mengapa tanpa alasan yang jelas proyek ini tidak diteruskan. Dan akhirnya proyek inipun dihentikan pada tahun 2011-2002.

 2013 Era Teknologi



Samsung menjadi pioneer di tahun 2013 dengan menghadirkan perangkat jam tangan pintarnya yang diberi nama “Galaxy Gear”. Jam tangan pintar Samsung ini dirancang dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone buatan mereka. Selain Samsung, vendor asal Jepang, Sony juga tak mau kalah mengeluarkan jam tangan pintar mereka dengan nama Smartwatch 2, sebagai generasi kedua jam pintar sebelumnya.
Hampir mirip dengan Samsung, jam tangan pintar ciptaan Sony ini juga tersinkronisasi dengan smartphone andalannya seri Xperia. Smartwatch 2 memiliki kemampuan membantu Anda untuk menemukan ponsel yang tersembunyi, mengontrol kamera dan memutar musik, dengan sesekali melihat segala pemberitahuan baru yang masuk ke dalam ponsel.
Selain kedua perusahaan tersebut, ada vendor lain yang juga coba memasuki pasar yang sama, yaitu Pebble. Perusahaan teknologi ini menghadirkan jam tangan pintar bernama Pabble E-Paper.
Tahun 2014 mendatang dipercaya akan semakin banyak jam tangan pintar yang diluncurkan. Dari informasi yang didapat, Apple, HTC, LG, dan Google juga tengah menyiapkan jam tangan pintar mereka untuk diluncurkan pada tahun depan.[LKH/HBS]





1 TANYA JAWAB LA DI FORUM INI

About Admin Redaksi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Sebelumnya Jika sudah membaca Artikel ini, Mohon tinggal kan Jejak Anda, karena Partisipasi Anda Sangat berarti Buat Kemajuan Blog ini.
Sopan, baik dan mengarah


Top